Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » , » 450 Personel TNI AD Siap Diberangkatkan ke Perbatasan PNG

450 Personel TNI AD Siap Diberangkatkan ke Perbatasan PNG

Written By Jurnal Pertahanan on Kamis, 28 Agustus 2014 | 04.27

PALU- Sebanyak 450 personel TNI AD siap mengamankan wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Mereka adalah bagian dari Tim yang akan diberangkatkan pada akhir September 2014. Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap Brigjen TNI Supartodi di Palu, Kamis (28/8), mengatakan pengamanan yang berlangsung selama enam bulan itu bertujuan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pasukan TNI dan tentara Papua Nugini juga akan sama-sama berpatroli hingga terjalin kerukunan," katanya usai memberi pembekalan kepada pasukan.

Sebelumnya ratusan pasukan itu melakukan latihan pratugas tahap II di wilayah Bangga, Kabupaten Sigi.

Supartodi juga berharap pasukan yang bertugas bisa saling menghormati dengan pasukan lainnya. Selain itu, fisik dan mental juga harus disiapkan karena cuaca di sana bisa berubah sewaktu-waktu.

Dia mengatakan kondisi keamanan di wilayah perbatasan relatif aman dan kondusif karena selama ini jarang ada gejolak. Meski demikian, dia meminta pasukan yang bertugas agar tetap waspada ketika melakukan penjagaan.

Dipilihnya wilayah Bangga sebagai tempat penugasan sebelumnya, adalah karena daerah tersebut memiliki kemiripan kondisi geografis dengan lokasi di Merauke sehingga personel tidak terlalu kaget saat bertugas.

Latihan Satuan Tugas Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Papua Nugini tersebut berlangsung selama dua pekan hingga 15 Agustus 2014.

Materi latihan tersebut antara lain komunikasi sosial kepada masyarakat, operasi intelijen, operasi militer selain perang, dan pendekatan kepada masyarakat.

Pasukan yang sebagian besar dari Batalyon Infanteri 711/Raksatama tersebut akan bertugas di perbatasan RI-Papua Nugini di Papua menggantikan Batalyon Infanteri 715/Mololiatu, Gorontalo.

Pasukan Yonif 711/Raksatama nantinya akan digantikan Yonif 713/Satyatama Gorontalo.

Sumber: Sinar Harapan
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger