Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » » Kapal Patroli AL di Wilayah Perairan Sumbar Belum Maksimal

Kapal Patroli AL di Wilayah Perairan Sumbar Belum Maksimal

Written By Jurnal Pertahanan on Minggu, 24 Februari 2013 | 16.19

PADANG - Kapal patroli yang dimiliki Lantamal Dua, Padang, Sumatera Barat saat ini belum maksimal untuk mengawasi kemungkinan kapal ikan asing yang masuk perairan Sumbar.

Hal itu dikatakan Danlantamal Dua, Letjen TNI Marinir Soedarmien Soedar kepada wartawan usai bertemu dengan pimpinan DPRD Sumbar di gedung dewan, Jumat (22/2).  

Menurutnya, selain belum maksimal memantau kapal asing yang masuk ke wilayah perairan Sumbar, kapal patroli yang ada saat ini juga masih minim untuk mengawasi kemungkinan pencurian ikan dan imigran gelap yang melintas di perairan Sumatera Barat.

Saat ini, kapal patroli yang dimiliki TNI Angkatan Laut itu ada tiga. Masing-masing panjangnya sekitar 28 meter. Keterbatasan itu mengingat perairan Sumatera Barat cukup luas dan langsung berhubungan dengan laut bebas, yaitu Samudra Hindia.

"Kapal asing yang masuk ke wilayah perairan Sumatera Barat dan pencurian ikan serta perlintasan imigran gelap, berpotensi menjadi ancaman apabila tidak diantisipasi sedini mungkin," kata Soedarmien.

Dikatakan, wilayah perairan Sumatera Barat mulai perbatasan Bengkulu dan Sumatera Utara serta arah Barat Mentawai menjadi daerah perlintasan imigran gelap dan pencurian ikan.

Sepanjang tahun 2012 hingga Januari 2013, tiga kasus imigran gelap ditangkap ketika hendak menuju Australia. Kasus terakhir, Januari 2013 di mana 46 imigran asal Srilangka dievakuasi ke Rudenim Medan, Sumatera Utara setelah sebelumnya sempat diamankan di Padang. Mereka ditangkap di sekitar perairan Siberut Kabupaten Mentawai ketika hendak menuju Australia.

Kemudian, kasus pencurian ikan datang dari Sibolga, Sumatera Utara. Selain mengambil ikan di wilayah perairan Sumatera Barat, mereka juga menggunakan tangkap ikan yang dengan pukat.

Sumber: Padangmedia
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger