Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » » Cegah Serangan Dunia Maya, Indonesia Butuh Matra Cyber

Cegah Serangan Dunia Maya, Indonesia Butuh Matra Cyber

Written By Jurnal Pertahanan on Kamis, 09 Juli 2015 | 07.00

Peneliti CSIS Iis Gindarsah menyambut baik adanya penambahan matra cyber di tubuh TNI. Dia menilai, Indonesia memang membutuhkannya untuk dapat bersaing dengan negara lain yang telah memasukan unsur cyber dalam pertahanannya.

"Sangat butuh (matra cyber), Malaysia sudah punya Singapura sudah kuat. Kekuatan yang dimiliki negara lain menjadi ancaman bagi kita," kata Iis di kantor CSIS, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (3/7/2015).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPR, Tantowi Yahya mengaku matra cyber ini masih sebatas wacana yang digulirkan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. DPR, kata dia, pun mendukung penuh pembentukan matra tersebut.

Sebab, kata dia, matra cyber dapat mencegah adanya serangan-serangan melalui dunia maya terhadap pertahanan Indonesia, seperti hacker dan penyadapan. Apalagi, kata dia, serangan macam ini abakal semakin gencar ke depan.

"Sekarang ini bukan lagi perang konvensional tapi asimetris. Jadi ancaman paling nyata itu lewat cyber seperti di-hack dan sebagainya. Itu karena persiapan kita belum ada," kata Tantowi.

Namun, Politikus Partai Golkar ini menyayangkan pementukan ini masih sekedar wacana. "Sampai saat ini belum ada tindaklanjutnya baru wacana padahal kita mendukung," tukas dia. 

Sumber: Metrotvnews
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger