Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » » Status Pangkalan TNI AL Pontianak akan ditingkatkan Menjadi Pangkalan Utama

Status Pangkalan TNI AL Pontianak akan ditingkatkan Menjadi Pangkalan Utama

Written By Jurnal Pertahanan on Kamis, 09 Juli 2015 | 06.52

Wakil Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya TNI Widodo, mengatakan, status Pangkalan TNI AL Pontianak akan ditingkatkan menjadi Pangkalan Utama TNI AL IV (Lantamal IV) pada minggu keempat Juli 2015. 

"Ada tiga Lanal yang akan ditingkatkan menjadi Lantamal, yakni Pontianak, Tarakan dan Sorong," kata Widodo saat melakukan kunjungan kerja, di Pontianak, Rabu malam.

Pangkalan TNI AL Pontianak-lah yang menjadi penjuru ke Laut China Selatan dengan Kepulauan Natuna di ujung barat daya-nya. Perairan Laut China Selatan berpotensi menjadi theater konflik laut terbuka karena China berkeras mengklaim secara sepihak dan agresif bahwa laut ini wilayah miliknya. 

Hal ini bertentangan dengan klaim sebagian perairan itu dari Viet Nahm, Brunei Darussala, Filipina dan Malaysia. Indonesia ada di tengah-tengah negara-negara pengklaim itu sehingga beralasan sekali meningkatkan Pangkalan TNI AL Pontianak menjadi pangkalan utama.

Dengan status itu maka pangkalan itu dipimpin seorang laksamana pertama. Dunia mengakui ekskalasi manuver dan diplomasi militer di perairan itu bisa meningkat secara signifikan.

"Kami lihat dulu, Lanal mana yang siap, kalau Pangkalan TNI AL Pontianak yang paling siap, maka dia yang diresmikan dulu menjadi pangkalan utama TNI AL, kemudian lainnya," ungkapnya.

Widodo menambahkan, untuk penambahan personil juga akan dilakukan secara bertahap, karena personil Lanal dari 180 personil akan ditambah menjadi 1.008 personil.

"Kami mohon dukungan masyarakat Pontianak dan Kalimantan Barat umumnya agar proses peningkatan dari tiga pangkalan TNI AL menjadi pangkalan utama TNI AL segera terwujud," ungkapnya.

Untuk waktu dekat, markas komando pangkalan utama TNI AL itu memakai markas komando yang ada, sembari membangun markas batalion Korps Marinir TNI AL. 

Setelah semua itu siap dan mantap, barulah markas komando Pangkalan TNI AL Pontianak dipindahkan ke Sambas, di Kecamatan Paloh, tahun depan," katanya. 

Sumber: Antaranews
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger