Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » » Minimnya Patroli Laut Jadikan Celah Bandar Selundupkan Narkoba

Minimnya Patroli Laut Jadikan Celah Bandar Selundupkan Narkoba

Written By Jurnal Pertahanan on Rabu, 13 Maret 2013 | 17.05

Jakarta - Indonesia dikenal dengan negara Maritim. Panjangnya garis pantai ditambah dengan minimnya patroli laut menjadi salah satu celah bandar dalam menyelundupkan narkoba ke Indonesia.

Hal ini diungkapkan Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Benny Mamoto, usai pemusnahan barang bukti sabu hasil pengungkapan di Medan pertengahan Februari 2013, Senin (11/3/2013).

"Garis pantai perbatasan cukup panjang, patroli terbatas, itulah yang dipelajari para sindikat narkotika internasional dalam menyelundupkan narkoba ke Indonesia," kata Benny di gedung BNN, Jalan MT Haryono, Jakarta Timur.

Ditambah lagi banyaknya pelabuhan-pelabuhan 'tikus' yang menjadi akses bandar dalam pola penyelundupan barang haram itu ke Indonesia. Padahal, beberapa pihak bertanggungjawab dalam pencegahan masuknya narkoba, sebut saja Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla), Interdiksi Bea dan Cukai, Polisi Perairan, TNI AL, serta BNN sendiri.

"Ini belum bisa 100 persen mengcover perbatasan," ujar Benny.

Modus operandi yang dilakukan para sindikat pun terus berkembang dalam penyelundupan narkoba ke Indonesia. Hal ini terungkap dari beberapa temuan interdiksi BNN terkait upaya penyelundupan narkoba.

Di luar negeri, para bandar memanfaatkan segala cara dan upaya untuk menembus pasar potensial narkoba. Benny mencontohkan pengungkapan yang dilakukan kepolisian Meksiko terhadap penyelundupan narkoba dengan menggunakan kapal selam.

"Awalnya mereka mengirim narkoba dengan kapal selam tanpa awak, setelah dirasa berhasil, bandar mengirimkannya dengan kapal selam yang berawak," Benny mencontohkan.

Sumber: detikNews
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger