Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » , » Konflik Kesultanan Sulu, Filipina Kirim Kapal Perang ke Perbatasan Malaysia

Konflik Kesultanan Sulu, Filipina Kirim Kapal Perang ke Perbatasan Malaysia

Written By Jurnal Pertahanan on Kamis, 21 Februari 2013 | 23.11

Militer Filipina tingkatkan keamanan (Foto: Reuters)
MANILA – Pemerintah Filipina mengerahkan enam kapal perangnya untuk menjaga wilayah perbatasan dengan Malaysia. Tindakan ini dilakukan terkait konflik antara warga Sulu dengan Pemerintah Malaysia di wilayah Sabah.Kapal perang Filipina berpatroli di sekitar perairan Kepulauan Sulu yang hanya berjarak setengah jam perjalanan dari wilayah Sabah. Angkatan laut Filipina menyatakan, kapal perang itu hanya bertugas untuk menjaga keamanan di wilayah perbatasan supaya konflik di Sabah tidak merembet dan menjadi makin besar.

“Kami berharap masalah di Sabah dapat diselesaikan dengan damai. Kami siap untuk membantu kepulangan warga Sulu yang berada di Sabah apabila mendapat perintah dari pemerintah pusat,” ujar juru bicara Angkatan Laut Filipina Gregory Fabic, seperti dikutip The Star, Jumat (22/2/2013).

Keadaan di Sabah memanas setelah sekitar 100 warga Sulu menduduki wilayah tersebut yang diklaim sebagai hak milik mereka. Secara historis wilayah Sabah memang sempat berada di bawah kekuasaan Kesultanan Sulu sebelum Inggris memberikannya ke Malaysia.

Pemerintah Malaysia pun memberikan tenggat waktu hingga hari ini kepada warga Sulu untuk angkat kaki dari wilayah Sabah. Malaysia tidak segan-segan menggunakan kekerasan untuk mengusir warga Sulu apabila mereka tidak juga pergi setelah tenggat waktu itu terlewati.
 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger