Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » , » Perbatasan Indonesia dengan Sedikitnya 5 Negara Tetangga Berpotensi Picu Konflik

Perbatasan Indonesia dengan Sedikitnya 5 Negara Tetangga Berpotensi Picu Konflik

Written By Jurnal Pertahanan on Senin, 25 Februari 2013 | 17.37

Photo: Bisnis.com
JAKARTA--Perbatasan Indonesia dengan sedikitnya lima negara tetangga berpotensi memicu konflik akibat belum adanya kesepakatan tentang batas-batas laut.

Negara yang rentan berkonflik itu antara lain Malaysia, Singapura, Filipina, Palau, dan Timor Leste.

Perbatasan dengan Malaysia yang berpotensi bermasalah yakni segmen Selat Malaka bagian selatan, Selat Singapura bagian timur, segmen laut China selatan dan segment Laut Sulawesi.

Adapun perbatasan dengan Singapura yang belum disepakati yakni segmen Selat Singapura Timur pada area selatan Changi yang berhadapan dengan Pulau Batam dan perairan sekitar suar Batu Buleh.

Wakasal Laksamana Madya TNI Hari Bowo menguraikan lebih lanjut batas zona ekonomi eksklusif dengan Filipina, Palau dan Timor Leste masih dalam proses perundingan

"Belum semua batas laut disepakati, karenanya seringkali menimbulkan permasalahan," ujarnya saat sosialisasi batas maritim NKRI dengan negara tetangga di Jakarta, Senin (25/2/2013).

Seperti diketahui Indonesia merupakan negara dengan 17.499 pulau, dengan garis pantai 81.000 kilometer dan luas laut yuridiksi nasional 5,9 juta kilometer persegi.

Kondisi itu menjadikan laut Indonesia berkaitan langsung dengan sepuluh negara, yaitu India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Palau, Papua Nugini, Australia dan Timor Leste.

Posisi itulah yang menjadikan Indonesia sebagai jalur perdagangan internasional. "Tanpa perbatasan laut yang jelas maka rentan memicu konflik," tegas Hari Bowo.

Sumber: Bisnis.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger