Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » » Perlunya Pembangunan infrastruktur jalan untuk membuka keterisolasian perbatasan negara

Perlunya Pembangunan infrastruktur jalan untuk membuka keterisolasian perbatasan negara

Written By Jurnal Pertahanan on Kamis, 18 Juli 2013 | 17.49

Jakarta - Minimnya akses jalan menuju perbatasan daratan, salah satu permasalahan untuk mengatasi keterisolasian wilayah perbatasan. Hal itu terungkap dalam rapat kerja Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) ke-lima.

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana, untuk itu pembangunan konektifitas bisa dilakukan dengan membangun jalan non status yang menghubungkan antar desa.

Tidak hanya itu, Armida juga menilai untuk membuka keterisolasian perbatasan negara, perlu juga dilakukan pembangunan infrastruktur jalan, untuk konektifitas jalur darat dan laut.

Pembangunan akses untuk konektifitas tersebut, lanjutnya, bisa dilakukan dengan membentuk lokasi prioritas (lokpri) untuk membangun wilayah perbatasan. Sedangkan untuk wilayah perbatasan laut, permasalahan utamanya adalah minimnya akses antar pulau terluar.

"Pembangunan atau rehabilitasi dermaga kecil (perintis) dan tambahan perahu di pulau-pulau terpencil serta terluar, adalah solusi untuk menjaga konektifitas tersebut," katanya di Hotel Borobudur, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2013).

Namun, kata Armida, anggaran pemerintah masih minin untuk melakukan pembangunan jalan konektifitas tersebut. "Pemerintah hanya memiliki anggaran Rp26 triliun untuk 19 dana alokasi khusus (DAK). Oleh karena itu, pemerintah berencana akan melibatkan invenstor," imbuhnya.

Sumber: Sindo News
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger