Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » » RI-Spanyol Terus Tingkatkan Kerjasama Pertahanan

RI-Spanyol Terus Tingkatkan Kerjasama Pertahanan

Written By Jurnal Pertahanan on Kamis, 06 Februari 2014 | 16.55

Madrid - Indonesia dan Spanyol terus meningkatkan kerjasama pertahanan. Dijadwalkan Menhan RI Purnomo Yusgiantoro dan Menhan Spanyol Pedro Morenes bertemu di Madrid hari ini.

Demikian disampaikan Atase Pertahanan RI Madrid Kol. Laut (E) Agus Adriyanto kepada detikcom Den Haag, Rabu (6/2/2014).

Menurut Athan, Kementerian Pertahanan Spanyol menyambut Menhan RI sebagai sahabat istimewa, antara lain dengan menyediakan pesawat jet khusus milik Angkatan Udara Spanyol untuk transfer dari Bandara Barajas Madrid ke markas Airbus Military, San Pablo, Sevilla.

Sementara itu Dubes RI Yuli Mumpuni Widarso menyampaikan bahwa kunjungan Menhan RI ke Spanyol ini sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama dalam bidang pertahanan, yang telah ditandatangani oleh kedua menteri pertahanan di Jakarta pada 13/2/2013.

MoU ini diprakarsai oleh Indonesia-Spanyol pada 2007 dalam rangka meningkatkan kerjasama dalam bidang sains serta penggunaan sistem dan perlengkapan militer, kerjasama operasi militer dan kerjasama pengembangan industri penerbangan.

Sehari sebelumnya Menhan RI didampingi Dubes meninjau persiapan penyerahan pesawat C-295 unit keenam di markas Airbus Military (European Aeronautic Defence and Space Company/EADS), Sevilla, Spanyol.

 Pesawat angkut taktis militer C-295, selanjutnya CN-295 adalah bagian dari kerjasama produksi dan pengembangan industri penerbangan sesuai MoU sejumlah 9 unit dari penyerahan angkatan pertama.
Sebanyak 7 unit awal diproduksi di Sevilla dan 2 unit lainnya di Bandung. Selanjutnya untuk produksi 7 unit berikutnya dari angkatan kedua (totalnya 16 unit atau 1 skuadron) juga diproduksi di Bandung.

Menhan juga meninjau produksi pesawat angkut militer super jumbo A-400 dan pesawat tempur Eurofighter (Typhoon) serta mendapat penjelasan dari EADS mengenai dua pesawat tersebut.

"Melalui kerjasama ini diharapkan Indonesia-Spanyol memperluas kerjasama di bidang lainnya, termasuk bidang maritim khususnya pembangunan kapal," pungkas Dubes.

Sumber: Detik.Com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger