Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » » Obyek Vital Dibidik, Badan Cyber Nasional Mendesak Dibentuk

Obyek Vital Dibidik, Badan Cyber Nasional Mendesak Dibentuk

Written By Jurnal Pertahanan on Rabu, 03 Juni 2015 | 00.39


Jakarta - Indonesia menjadi salah satu target utama serangan cyber.Beberapa kali objek vital pemerintah terkena serangan. Melihat kondisi ini pemerintah memutuskan untuk membentuk Badan Cyber Nasional.

Hal tersebut diungkap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdjiatno dalam Simposium Nasional Cybersecurity di Hotel Borobudur. Menurutnya, pemerintah sangat menyadari betapa kompleksnya ancaman serangan cyber. 

"Perang cyber saat ini menjadi perang politik di masa kini. Internet telah menjadi senjata menggantikan pasukan elit dengan senapan dan misil. ini merupakan ancaman serius," kata Tedjo

Karena itu dirasa butuh sebuah badan khusus yang dapat menjaga ketahanan negara dari serangan cyber.Indonesia memang memiliki beberapa lembaga yang menangangi cybersecurity di beberapa institusi. 

Sayangnya, lembaga tersebut satu sama lain tak terintegritasi. Pemerintah akhirnya berinisiatif untuk membentuk Badan Cyber Nasional. "Badan ini nantinya akan menjalankan fungsi koordinasi, komando dan kontrol," ujarnya.

Presiden Joko Widodo pun disebut telah mendukung terbentuknya Badan Cyber Nasional. "Saat ke Blitar, Pak Jokowi sudah menanyakan soal Kepres untuk Badan Cyber Nasional ini. Setelah mendapat masukan ide pemikiran dari simposium ini, segera saya mengajukan ke Presiden," tutup Tedjo.

Sumber: Detik.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger