Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » » Indonesia dan Jepang Sepakat Perkuat Kerjasama Pertahanan

Indonesia dan Jepang Sepakat Perkuat Kerjasama Pertahanan

Written By Jurnal Pertahanan on Kamis, 17 Desember 2015 | 19.38

Indonesia dan Jepang sepakat untuk memperkuat kerjasama pertahan dan keamanan, serta akan segera melakukan pembicaraan mengenai pembelian alutsista. Kesepakatan itu tercapai saat terjadi pertemuan antara Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri kedua negara.

Pertemuan yang disebut juga sebagai pertemuan 2+2 ini adalah yang pertama kali terjadi antara Jepang dan Indonesia. Selama ini Indonesia hanya rutin melakukan pertemuan serupa dengan Rusia.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida menyatakan, salah satu alasan di balik kerjasama keamanan antara kedua negara adalah situasi di kawasan, khususnya di kawasan Laut China Selatan yang kian hari kian meningkat.

"Dengan lingkungan keamanan di wilayah tersebut semakin ketat, kami telah dikonfirmasi dalam pertemuan hari ini, bahwa kita akan membentengi kerjasama dengan Indonesia, anggota inti ASEAN, di bidang keamanan dan pertahanan," ucap Kishida, seperti dilansir Reuters pada Kamis (17/12).

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Jepang dan Indonesia juga telah sepakat bahwa isu Laut China Selatan harus diselesaikan melalui dialog. Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu paska pertemuan itu menyatakan, dirinya akan berusaha untuk menghubungi China mengenai masalah ini.

"Saya percaya sikap China tidak sekeras sebelumnya. Kami bermaksud untuk melanjutkan pembicaraan dengan negara-negara lain, termasuk China pada hal-hal seperti pelatihan bersama dan patroli bersama di Laut China Selatan," ucapnya.


Sumber: Sindonews
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger