Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » , » Menteri PDT: Forum Khusus Daerah Perbatasan di Papua Perlu Dibentuk

Menteri PDT: Forum Khusus Daerah Perbatasan di Papua Perlu Dibentuk

Written By Jurnal Pertahanan on Kamis, 21 Februari 2013 | 15.57

Photo:ANTARA/Widodo S. Jusuf
Kutai: Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini memandang perlu adanya forum khusus yang membahas dan mencari solusi untuk masalah konflik Papua. "Tidak dapat dihindari bahwa, hampir di semua negara selalu ada masalah sengketa di perbatasan. Selain pendekatan keamanan untuk menjaga integrasi, pendekatan kesejahteraan juga diperlukan. Masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan perlu dilibatkan dalam melakukan pembangunan," ungkapnya di Kutai, Kalimantan Timur (21/2).
Lanjutnya, caranya adalah dengan membuat rencana kerja (roadmap) pembangunan. Yang memiliki peran penting untuk menggalang itu adalah dibentuknya Kaukus daerah perbatasan atau forum silaturahmi anggota DPR yang dapilnya dari daerah perbatasan.

"Harus menggalang kaukus daerah perbatasan, bukan semata-mata menjadi pengawas tapi juga konteks ke-Indonesiaan. Nanti kaukus perbatasan bisa fokus mengawasi, menampung aspirasi dan menyusun roadmap perbatasan apa saja. DPR berperan dalam regulasi, dan Pemeritah dalam tindakan, itu lebih nyata," ungkapnya.

Pendekatannya pun harus bersifat kemanusiaan dengan melibatkan masyarakat secara nyata agar merasa dilibatkan dan disentuh hatinya.

"Pembangunan dan dialog rutin berdampak penting untuk menguatkan nasionalisme dan identitas mereka. Yang bisa melakukan itu adalah anggota DPR yang dapilnya di perbatasan, mereka bisa rutin saling membahas untuk merumuskan dalam kebijakan," katanya.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger