Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » , » UNHAN Wisuda 41 Magister Sains Pertahanan

UNHAN Wisuda 41 Magister Sains Pertahanan

Written By Jurnal Pertahanan on Rabu, 20 Februari 2013 | 19.51

Photo: DMC
Universitas Pertahanan (UNHAN) mewisuda 41 mahasiswa pascasarjana yang telah menyelesaikan Pendidikan Program Magister Sains Pertahanan di UNHAN. Upacara wisuda dilaksanakan di Gedung Pierre Tendean, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (20/2) dan dihadiri oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio, M.M., Rektor UNHAN Mayjen TNI Ir. Drs Subekti, M.Sc., M.P.A., Civitas Akademika UNHAN dan sejumlah pejabat Kemhan dan TNI. Hadir pula beberapa Atase Pertahanan (Athan) dari negara sahabat. 

Dari 41 orang mahasiswa yang diwisuda terdiri dari 20 orang dari Prodi Manajemen Pertahanan, 4 orang dari Prodi Ekonomi Pertahanan; 16 orang dari Prodi manajemen bencana dan 1 orang dari Prodi strategi perang semesta. Wisudawan terdiri dari 17 orang dari TNI dan 24 orang sipil. Lulus dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi dengan predikat Cum laude adalah Dwi Agung Sutrisno, wisudawan Prodi Strategi Pertahanan dengan IPK 3.80. 


Menhan dalam sambutannya mengatakan, wisuda merupakan kegiatan rutin yang mempunyai nilai strategis dan dilaksanakan pada setiap akhir pendidikan di UNHAN. Wisuda bukan hanya sebagai momentum untuk mengukuhkan lulusan dan menyerahkan Ijazah kepada lulusan, tetapi yang lebih penting adalah mengembalikan para mahasiswa yang telah dibekali kemampuan dan semangat baru kepada lingkungannya baik di lingkungan keluarganya, instansi pemerintah maupun swasta.

Kepada para wisudawan, Menhan berharap agar ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama mengikuti pendidikan di UNHAN dapat diterapkan di tempat tugasnya dan bermanfaat untuk peningkatan upaya pembangunan bidang pertahanan negara.

Menhan mengatakan, penyelenggaraan Pembangunan Pertahanan Negara merupakan sektor yang strategis dalam pembangunan nasional secara umum. Setiap kebijakan pertahanan negara merupakan upaya membangun dan membina kemampuan, daya tangkal negara dan bangsa, serta menanggulangi setiap ancaman yang diselenggarakan secara terpadu lintas sektoral dan melibatkan Kementerian dan penyelenggara negara lainnya termasuk TNI sebagai kekuatan inti pertahanan negara.

Berbagai kebijakan telah digulirkan dalam membangun sistem pertahanan negara yang kokoh dan handal, dari mulai Sektor Industri Pertahanan, Sistem Informasi, Alutsista, dan tak kalah pentingnya adalah membangun sumber daya manusia di bidang pertahanan yang berkualitas seperti yang dilaksanakan melalui Universitas Pertahanan.

Menurut Menhan, UNHAN merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Program Pascasarjana yang mengkhususkan diri pada persoalan-persoalan pertahanan negara. Oleh karena itu program-program studinya bernuansa dan diorientasikan kepada penguatan pertahanan negara. Dengan demikian sangat tidak salah kalau seandainya pemerintah, bangsa, dan negara ini menuntut kepada UNHAN untuk dapat melahirkan sumber daya manusia calon pemimpin bangsa yang mampu dan handal di bidang pertahanan negara.

Kemhan juga sangat mengharapkan peran aktif UNHAN sebagai Think Tank dalam merumuskan berbagai kebijakan pertahanan negara. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa berbagai rumusan kebijakan pertahanan sedang kita godog dan sedang kita bahas, karena memang dinamika globalisasi ini menuntut pemerintah Indonesia untuk berfikir strategis terutama pada sektor pertahanan negara.

NKRI dari aspek geografis, demografis, dan aspek-aspek lainnya memiliki nilai strategis bagi negara lain, sehingga sebagai negara yang berdaulat kita harus kuat dan bermartabat. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan segenap potensi, kekuatan, dan pemikiran kita yang logis untuk menjadi kuat dalam memelihara keutuhan dan menghalau semua ancaman baik pada tataran militer maupun nir militer. 

Lebih lanjut Menhan mengungkapkan bahwa ancaman nir militer, sebagaimana diketahui bersumber dari kerapuhan ideologi, politik, sosial, dan ekonomi. Oleh karena itu, Lebih lanjut Menhan berharap kepada UNHAN dan para lulusannya untuk terus memberikan kontribusi baik dalam tataran pemikiran, konseptual, maupun praktis sesuai dengan porsi dan kemampuan saudara-saudara, sehingga pertahanan negara kita semakin kuat dari berbagai aspek termasuk sumber daya manusianya.

“Pengalaman menunjukkan bahwa perguruan tinggi sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional sangat kaya dengan konsep dan teori serta memiliki inovasi, kreatifitas yang tinggi sebagai perwujudan budaya akademik. Oleh karena itu, kontribusi yang sangat signifikan pada pencapaian berbagai program pembangunan pertahanan tentunya sangat diharapkan”, tambah Menhan.

Sementara itu Rektor UNHAN mengatakan, seiring dengan waktu dan perjalanan UNHAN telah berjalan hampir empat tahun lebih, berbagai langkah konkret dalam upaya menciptakan suasana kehidupan kampus yang kondusif terus dilaksanakan.

Penciptaan suasana akademik yang diselenggarakan di UNHAN, merupakan sebuah ruang kondusif untuk akselerasi pencapaian visi melahirkan calon pemimpin baik dari kalangan sipil dan militer yang mampu dan handal dalam bidang pertahanan negara.

Kedepan pasca tahun 2014, seiring dengan pemberlakuan statuta baru dan berbagai regulasi yang melekat didalamnya, UNHAN akan menyusun dan merumuskan Renstra baru yang lebih membumi dan dibangun dari kebutuhan yang realistis dalam pencapaian visi melahirkan calon pemimpin baik dari kalangan sipil dan militer yang mampu dan handal dalam bidang pertahanan negara.

Sumber: DMC

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger