Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » » Rusak Berat, Kemenkeu Setujui Pemusnahan 2 Kapal TNI AL

Rusak Berat, Kemenkeu Setujui Pemusnahan 2 Kapal TNI AL

Written By Jurnal Pertahanan on Rabu, 10 April 2013 | 18.23

Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemkeu) telah menyetujui penghapusan Barang Milik Negara (BMN) pada Kementerian Pertahanan, yakni TNI Angkatan Laut berupa dua Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Semangka 512 dan KRI Teluk Berau 534 karena kondisinya yang rusak berat.

Direktur Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemkeu Tavianto Noegroho menjelaskan, pemusnahan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola BMN pada Kementerian/Lembaga selaku pengguna barang untuk menjadi 3T, yakni tertib fisik, tertib hukum dan tertib administrasi.

"Pemusnahan kedua kapal ini dilakukan dengan cara ditenggelamkan, yakni menjadi target sasaran uji coba rudal dalam acara latihan gabungan TNI AL," kata Taviantoi dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (10/4).

Menurutnya, persetujuan pemusnahan yang diteken oleh Dirjen Kekayaan Negara atas nama Menteri Keuangan itu merupakan bentuk dukungan DJKN dalam acara latihan gabungan TNI AL.

Pemusnahan itu juga dinilai sudah sesuai dengan PP Nomor 6 tahun 2006, yang diubah dengan PP Nomor 38 tahun Ae00x dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.96 tahun 2007. Aturan itu menegaskan bahwa penghapusan BMN dilakukan apabila memenuhi semua beberapa syarat.

"Syarat itu antara lain BMN tidak dapat digunakan lagi karena rusak dan tidak ekonomis apabila diperbaiki, tidak dapat dipergunakan lagi akibat modernisasii, barang telah kadaluarsa serta yang mengalami perubahan dalam spesifikasi karena sebab penggunaan seperti aus, terkikis dan sejenisnya," tukas dia.

Tavianto mengatakan setelah penghapusan BMN dengan cara dimusnahkan. TNI AL selaku pengguna barang diharapkan melakukan penatausahaan BMN yang berada dilingkupnya.
 
Sumber: BeritaSatu
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger