Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » » Indonesia Promosikan CN 295 Ke Vietnam

Indonesia Promosikan CN 295 Ke Vietnam

Written By Jurnal Pertahanan on Senin, 27 Mei 2013 | 23.25

Dalam rangka pengenalan pesawat CN 295 produksi PT Dirgantara Indonesia (PT DI) ke negara-negara tetangga, Wamenhan RI, Sjafrie Sjamsoeddin, didampingi oleh pejabat-pejabat Kementerian Pertahanan RI dan Dirut PT. Dirgantara Indonesia (DI) dan jajarannya, telah berkunjung ke Vietnam, 25-27 Mei 2013. Wamenhan dan rombongan mendarat dengan menggunakan pesawat CN 295 di Ho Chi Minh City (HCMC) pada tanggal 25 Mei dan keesokan harinya meneruskan perjalanan ke Hanoi. 

Pada saat berada di Hanoi, telah dilakukan air-show pesawat CN 295 dilanjutkan dengan ”Joy Flight” selama lebih kurang 45 menit. Turut dalam program Joy Flight tersebut adalah Wakil Panglima AU Vietnam beserta jajarannya, Dubes RI untuk Vietnam, Mayerfas, Dubes Spanyol dan Direksi PT DI.

Selama berada di Hanoi, Wamenhan RI juga telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Menhan Vietnam, Jenderal Phung Quang Thanh tanggal 27 Mei 2013. Menhan Vietnam menyampaikan apresiasi atas hubungan baik kedua negara, khususnya Angkatan Bersenjata kedua negara. Selain itu dikatakan juga bahwa bahwa Vietnam memang memerlukan pesawat sejenis CN 295. Dalam kaitan ini Kementertian Pertahanan Vietnam berencana mengirimkan delegasi Angkatan Udara Vietnam ke Indonesia untuk lebih mempelajari industri penerbangan Indonesia dan menanyakan hal-hal yang lebih rinci mengenai CN 295.

Wakil Panglima AU Vietnam yang juga ditemui oleh Wamenhan RI mengatakan bahwa Vietnam telah menjajaki untuk memiliki pesawat sejenis CN 295. Wakil Panglima AU Vietnam  sudah mencoba  pesawat tersebut di Spanyol. Namun dikatakannya mengingat pesawat CN 295 sudah diproduksi di Indonesia, akan lebih baik bagi Vietnam mengingat pelayanan purna jual dapat dilakukan oleh Indonesia. 

Wamenhan RI menyambut baik mengenai rencana kunjungan delegasi Vietnam ke Indonesia, yang ditegaskan tidak saja ke PT. DI tapi juga dapat dilakukan pada industri pertahanan Indonesia lainnya. Dalam kaitan ini Wamenhan RI mengharapkan adanya tindak lanjut dalam waktu dekat atas kunjungan ini antara KBRI Hanoi dan Kemenhan Vietnam.

Sementara itu pada waktu singgah di Ho Chi Minh City tanggal 25 Mei, Wamenhan RI dan delegasi dengan didampingi Acting Konjen HCMC, Dalton Sembiring,  telah bertemu dengan Deputy Chief of Staff Military Zone 7 didampingi oleh Representative of Foreign Affairs Ministry of Defence in the South of Vietnam dan Deputy Head of Foreign Affairs Military Zone 7. Pejabat dari Military Zone 7 tersebut sempat meninjau kondisi ruang dalam pesawat CN 295. 

Dalam kaitan dukungan terhadap kegiatan tersebut, KJRI HCMC bekerjasama dengan Atase Pertahanan (Athan) RI untuk Vietnam, Susilo Adi Purwantoro mempublikasikan pesawat terbang CN 295 melalui pemberitaan pada harian terkemuka berbahasa Inggris di HCMC, Saigon Times edisi Kamis, 24 Mei 2013.
 
Sumber: Setkab
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger