Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » » Amerika Serikat Tantang China Buktikan Klaim Laut China Selatan

Amerika Serikat Tantang China Buktikan Klaim Laut China Selatan

Written By Jurnal Pertahanan on Kamis, 02 Juli 2015 | 16.59

Pemerintah Amerika Serikat (AS) menantang China membuktikan klaim hampir 90 persen kawasan Laut China Selatan. Jika Beijing mampu membuktikan klaimnya itu, Washington akan mendukungnya 100 persen.

Tantangan dari AS itu dilontarkan Wakil Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken. AS selama ini yakin, kawasan Laut China Selatan adalah kawasan internasional, di mana setiap negara bebas bernavigasi tanpa gangguan dari pihak manapun.

Namun, kawasan Laut China Selatan yang kaya gas dan jadi sumber uang dari lalu lintas kapal perdagangan dunia itu telah diperbutkan oleh China, Filipina, Malaysia, Brunei, Vietnam dan Taiwan.

Blinken mengatakan AS dalam dialog dengan China di Washington sudah menegaskan posisinya, bahwa AS tidak berkepentingan di Laut China Selatan. Namun, klaim wilayah dalam jumlah besar itu telah mengganggu.

”China mengatakan bahwa klaim mereka sudah jelas dan tak terbantahkan. Mereka bahkan bukan sekadar klaim, tapi fakta. Dan kami sudah mengatakan; 'jika Anda menunjukkan bukti, kami akan mendukung Anda 100 persen,” kata Blinken.

”Tapi Anda tidak bisa mengharapkan negara-negara lain untuk terlibat dalam beberapa proses diplomatik yang berlangsung di tempat, di mana Anda membuat klaim di kawasan laut itu,” lanjut Blinken, seperti dilansir Philippine Star, Senin (29/6/2015).

Para pejabat Pentagon dan Departemen Luar Negeri AS melihat situasi di Laut Cina Selatan sudah berbahaya karena ketegangan antara China dan negara-negara tetanggnya sudah terlibat sengketa maritim, telah meningkat.

“Kita menyaksikan upaya (China) secara sepihak dan memaksa mengubah status quo . Pelanggaran ini akan membuat AS dan sekutu kami akan bersatu untuk melawan,” ujarnya.

Sumber: Sindonews
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger