Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » , » Lantamal IV Sosialisasikan Batas Maritim RI dengan Negara- Negara Tetangga

Lantamal IV Sosialisasikan Batas Maritim RI dengan Negara- Negara Tetangga

Written By Jurnal Pertahanan on Selasa, 05 Maret 2013 | 17.10

Photo: TNI AL
Pangkalan Utama TNI AL IV (Lantamal IV) Tanjunpinang mengadakan kegiatan Sosialisasi Batas Maritim RI dengan Negara-Negara Tetangga yang disampaikan oleh Kepala Dinas Hidro Oceanografi (Kadishidros) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Aan Kurnia, S.Sos didampingi Kolonel (KH) Z.A. Irwan, S.H, M.H dari Dinas Hukum TNI AL serta Ibu Alamanda dari Kementrian Luar Negeri, bertempat di Aula Yos Soedarso Mako Lantamal IV Jl. Yos Soedarso No. 1 Batu Hitam Tanjungpinang, Kepuluan Riau, Senin (4/3/2013).
Acara yang dibuka Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI Agus Heryana dihadiri para Asisten Danlantamal IV, para Komandan Satuan TNI/Polri Kepri, para Danlanal jajaran Lantamal IV, seluruh Perwira TNI AL dan para Komandan KRI yang bertugas di wilayah Kepulauan Riau, FKPD Kepri, Wakil Walikota Tanjungpinnag, Wakil Walikota Bintan, wartawan media elektronik dan cetak serta undangan lainnya.
Komandan Lantamal IV dalam sambutannya mengatakan; moment sosialisasi kali ini sangat penting, khususnya bagi kita semua yang berada di Provinsi Kepulauan Riau ini, mengingat wilayah Kepulauan Riau berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga, sehingga perlu ada pencerahan melalui pemberian informasi terkini dari institusi yang menangani langsung tentang batas-batas maritim. Dinas Hidrografi  Oceanografi TNI AL, Dinas Hukum TNI AL serta Kementrian Luar Negeri yang harapannya tentunya agar kita lebih memahami dan dapat memanfaatkannya sebagai pengetahuan untuk mendukung pelaksanaan tugas.
Kita ketahui bersama bahwa batas maritim negara kita dengan beberapa negara tetangga sampai saat ini masih belum sepenuhnya mendapatkan kesepakatan dengan negara-negara tetangga, sehingga seringkali dampak dari status perairan tersebut menimbulkan keragu-raguan maupun permasalahan bagi para pelaksana di lapangan dalam upaya penegakan dan penindakan terhadap setiap pelanggaran  hukum di laut, meskipun di wilayah kerja Lantamal IV  yang memiliki batas maritim dengan negara Malaysia–Singapura dan Vietnam, permasalahan nelayan seperti yang terjadi di Selat Malaka jarang terjadi.
Kita menyadari bahwa penyelesaian batas maritim melalui perundingan dan berbagai pertemuan dengan negara dimaksud selama ini tidak pernah dapat  dipastikan kapan akan dapat dicapai kesepakatan yang mengikat diantara kedua negara, disisi lain kegiatan di lapangan dalam rangka upaya penegakan hukum juga tentunya harus tetap terlaksana. Untuk itu, kegiatan sosialisasi tentang perkembangan penyelesaian batas maritim yang ada di sekitar wilayah kerja kita hari ini sangat penting untuk kita ikuti secara seksama, sehingga kita memiliki pemahaman yang benar dan menjadi bekal pengetahuan yang dapat mendukung pelaksanaan tugas kita.
Kadishidros Laksma TNI Aan Kurnia, Ssos, dalam paparan mengatakan; sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan permasalahan serta perkembangan penyelesaian Perbatasan Maritim dengan 10 (sepuluh) Negara Tetangga yaitu India, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Republik Palau, Timur Leste, Papua Nugini dan Australia, sehingga diharapakan dapat membangun Jiwa Bela Negara dan Rasa Nasionalisme melalui pemahaman berbagai permasalahan Batas Maritim Negara.
Acara dilaksanakan dengan sesi tanya jawab, diakhiri dengan saling tukar cindera mata antara Komandan Lantamal IV dengan Kadishidros serta foto bersama.

Sumber: TNI AL
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger