Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » » Kaltim Bangun Ekonomi Wilayah Perbatasan Lewat Sektor Pertanian

Kaltim Bangun Ekonomi Wilayah Perbatasan Lewat Sektor Pertanian

Written By Jurnal Pertahanan on Senin, 02 Januari 2017 | 18.05

SAMARINDA- Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berkomitmen membangun perekonomian wilayah perbatasan di daerah itu melalui sektor pertanian. Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kaltim Ibrahim menilai program membangun lumbung pangan di wilayah perbatasan yang dicanangkan Kementerian Pertanian sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan.

“Membangkitkan perekonomian di wilayah perbatasan bisa dimulai dengan menggarap sektor pertanian,” kata Ibrahim. Menurut Ibrahim, tiga upaya dalam menyukseskan sektor pertanian di perbatasan, yakni fokus pada produk unggulan, skala ekonomi yang cukup, dan tersedianya sarana pascapanen. “Tiga hal itulah yang bisa membuat sektor pertanian di perbatasan bisa sukses,” ujar Ibrahim.

Ia menyatakan bahwa pada tahun 2016 Pemerintah Provinsi Kaltim masih melakukan pekerjaan perencanaan teknis struktur investigasi design (SID). Pada tahun 2017, pihaknya akan mengarahkan pembangunan percetakan sawah dengan kegiatan yang dikembangkan, yakni menyiapkan lahan kering untuk menanam padi gunung di wilayah perbatasan.

“Pengembangan padi gunung dilakukan karena masyarakat lokal di wilayah perbatasan telah lama menanam jenis padi itu sehingga tidak perlu dipaksa untuk menanam padi sawah. Masalahnya, masyarakat masih menanam padi gunung tersebut untuk kebutuhan mereka sendiri, bukan untuk dijual,” jelas Ibrahim.

Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kaltim telah mengembangkan produk “one village one product” atau produk unggulan di satu desa yang ditonjolkan untuk menopang perekonomian masyarakat perbatasan. (ant)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger