Selamat Datang, Salam "BELA NEGARA" , "NKRI HARGA MATI"
Home » » Industri Galangan Kapal Maju, Negara Hemat Rp 15 T

Industri Galangan Kapal Maju, Negara Hemat Rp 15 T

Written By Jurnal Pertahanan on Senin, 29 Juni 2015 | 16.26

Jakarta -Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin serius mengembangkan industri galangan kapal di dalam negeri. Menurutnya bila industri ini berkembang, Indonesia bisa menghemat devisa US$ 1,25 miliar atau Rp 15 triliun per tahun.

"‎Urgensi pengembangan industri galangan atau shipyard juga agar kita bisa menghemat US$ 1,25 miliar atau Rp 15 triliun per tahun‎ dibanding jika mengimpor kapal selama ini. Berarti ini sekaligus mengurangi defisit neraca perdagangan yang diakibatkan dari pembelian kapal impor," ujar Saleh dalam keterangannya, Senin (29/6/2015).

Ia mengatakan penghematan tersebut didapat karena Indonesia tak akan lagi mengimpor kapal bila industri galangan kapal dalam negerinya berkembang. ‎Selain itu juga meningkatkan industri pendukung perkapalan di dalam negeri seperti perbankan nasional, lembaga pembiayaan, asuransi, dan komponen. 

"Apalagi, langkah strategis ini sesuai Nawa Cita pemerintahan kita. Pak Jokowi bahkan telah langsung menginstruksikan agar kementerian, lembaga dan BUMN wajib membeli kapal dari galangan dalam negeri," ujarnya.

Ia mencontohkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah memperhitungkan pembelian kapal-kapal dalam lima tahun ke depan. Sedangkan perusahaan-perusahaan BUMN membutuhkan kapal sebanyak 80 unit. 

"Dari situ, terlihat jelas bagaimana dahsyatnya dampak pembelian kapal ke galangan kapal nasional," ujarnya.

Di Indonesia, terdapat 250 galangan kapal. Sebanyak 105 perusahaan berada di Batam dan 145 unit di luar Batam. Menperin juga memastikan dukungan bahan baku berupa baja untuk industri galangan ‎kapal. 

"Produk baja dari PT Krakatau Steel dan Krakatau Posco telah mumpuni mendukung industri ini. Intinya kita siap, apalagi sudah didukung dan diperintahkan Presiden," tegasnya.

Sumber: Detik
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Defence Media Center

Kementerian Pertahanan

HARI BELA NEGARA 2015

HARI BELA NEGARA 2015

PERHATIAN

"Bagi Sobat Readers ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Sobat Readers, mohon cantumkan link aktif artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut"

Terima kasih

Admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JURNAL PERTAHANAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger